Tipe di antara seluruh spesies burung di dunia. Sebagian burung terbang tinggi, sebagian burung berdendang yang menakjubkan, sebagian burung yang nampak aneh. Tipe ukurannya juga sungguh-sungguh besar dengan burung sebesar burung unta dan emu yang ada berdampingan dengan burung kecil seperti burung kolibri. Alam sudah memberi kita banyak burung yang lucu dan menawan. Inilah daftar burung terkecil dan paling lucu di dunia.

1. Kolibri

Lebah hummingbird yaitu burung terkecil di dunia dan cuma ditemukan di negara pulau Kuba. Panjangnya cuma 5 sentimeter dan beratnya menempuh 2 gram. Betina agak lebih besar dari jantan meski jantan mempunyai bulu yang lebih cemerlang. Ini yakni salah satu burung mungil yang bisa mengepakkan sayapnya delapan puluh kali per detik ketika mencari makanan dan ini dapat menempuh 200 ketukan per detik selama musim kawin. Makanan burung kolibri terutamanya terdiri dari nektar dari bunga dan mengunjungi lebih dari 1000 bunga sehari, memainkan peran penting dalam penyerbukan spesies ini. Itu juga teregistrasi sebagai salah satu burung yang berpindah di dunia.

2. Weebill

Weebill diberikan nama sesudah paruhnya yang kecil yakni salah satu burung mungil terkecil yang berasal dari Australia. Ini juga adalah burung terkecil yang ditemukan di negara ini. Ini cukup lazim dan hidup di tempat berhutan, kadang-kadang dekat dengan daerah tinggal manusia. Panjangnya sekitar 8 sentimeter dan hidup dalam kawanan kecil. Sarang burung ini terbuat dari lumpur dan rumput dan mempunyai wujud kubah yang aneh. Mereka yakni burung yang tak berpindah dan menghabiskan segala hidup mereka di tempat yang sama. Makanan utama merupakan serangga dan biji-bijian dan paruh pendek yang dikelilingi oleh bulu-bulu kecil menolong dalam menangkap serangga.


3. Pardalote

Seperti weebill, burung ini juga autentik dari Australia dan panjangnya cuma 8 hingga 12 sentimeter. Mereka hidup di hutan eukaliptus yang biasa di semua negeri dan tak berpindah jauh dari daerah kelahiran mereka. Jantan dan betina mempunyai ukuran dan penampilan yang serupa. Ekornya pendek sementara kepala dan sayapnya berwarna hitam dan hijau zaitun dengan bintik-bintik putih. Komponen bawahnya berwarna kuning kusam. Burung-burung lucu ini ialah komponen penting dari ekosistem sebab mereka menolong mengatur populasi hama yang disebut lerps yang menyedot getah pohon.

4. Gold Headed Cisticola

Burung kecil ini ditemukan di beraneka habitat di India dan Australia dan yakni tipe warbler. Panjang burung itu 10 sentimeter dan beratnya cuma 10 gram. Dia hidup di tanah pertanian, padang rumput, dan lahan berair dan yakni salah satu burung lucu pembangun terbaik, membikin sarang dengan menyatukan rumput, daun, dan jaring laba-laba. Burung jantan mempunyai bulu berwarna keemasan dan krem yang cemerlang meski betina mempunyai tubuh cokelat gelap dengan perut berwarna krem. Burung ini terlebih memakan serangga dan biji yang lazimnya ditemukan di habitatnya.

5. Goldcrest

Goldcrest ditemukan di Eropa Utara dan dinamai sesudah patch kuning cemerlang di komponen atas kepalanya yang timbul seperti puncak. Jantan berwarna-warni dengan tubuh hijau zaitun dan perut kuning pucat sementara betina benar-benar kuning. Tak ada banyak perbedaan dalam ukuran kedua tipe kelamin. Mereka hidup di hutan berdaun lebar yang lazim di Eropa dan juga di kebun dan diketahui sebab panggilan ritme bernada tinggi. Selama musim dingin, panggilan ini amat lazim dan burung itu tampaknya menyanyi di taman.

6. Brown Greygone

Burung Australia yang imut ini termasuk dalam famili Passerine dan ialah yang terkecil dari variasi ini. Dia cuma tumbuh sampai 10 sentimeter dan menghabiskan beberapa besar waktunya di atas pohon. Umumnya hidup dalam klasifikasi tiga atau empat individu sebab membikin perburuan serangga lebih gampang. Makanan utama mereka terdiri dari serangga terbang kecil dan mereka ditemukan di tempat pantai dan hutan di segala negeri. Burung mungil ini benar-benar abu-abu dengan garis-garis hitam di sayapnya.

7. American Goldfinch

Burung kecil ini ditemukan di semua Amerika Serikat dan yakni burung negara komponen dari tiga negara komponen - Washington, Iowa dan New Jersey. Mereka lazimnya hidup dalam kawanan domba dan bisa tumbuh sampai 14 sentimeter panjangnya dengan berat sampai 20 gram. Mereka merupakan burung yang berpindah dan berpindah dari Amerika Serikat Utara ke Meksiko selama musim dingin. Untuk musim kawin, mereka pindah ke North Carolina dan selama musim yang berbeda, panggilan dan nyanyian mereka berbeda. Burung itu berwarna kuning cemerlang selain untuk dahi, sayap, dan ekornya yang berwarna hitam. Betina mempunyai warna yang sama namun lebih kusam ketimbang jantan.

Berapa banyak burung mungil ini yang pernah Anda lihat? Di tempat dengan daerah tinggal manusia yang jarang berhutan,

Nah itu tadi variasi-variasi burung kecil dengan ukuran mereka yang imut. Tak cuma ukurannya yang menarik, namun juga bulu-bulu mereka yang cantik. Yang mana yang menjadi unggulan Anda di antara 7 burung di atas?

Sumber : Nurfasta